Sekolah staff penerbangan surabaya, bekerja di bandara adalah suatu hal yang banyak di minati oleh kalangan muda – mudi yang ingin bekerja di dunia penerbangan. Sedikit informasi, bekerja di bandara pasti banyak sekali divisi yang harus dipahami. Nah, salah satu adalah Ground Staff.
Staff Penerbangan Adalah Personal atau Staff Maskapai Penerbangan yang bertugas di darat untuk memberikan pelayanan kepada customer baik pelayanan sebelum keberangkatan (Pre Flight Service) maupun setelah keberangkatan (After Flight Service). Pekerjaan ini sangat diminati oleh banyak orang dari berbagi kalangan muda – mudi. Jenis pekerjaannya pun sangat beragam, mulai dari Ticketing Officer, Check-in Counter, dan Gate Officer. Tiga divisi ini bekerja berkesinambungan satu sama lain, selain itu masih ada beberapa divisi dari seorang Ground Staff itu sendiri.
ayo kita
baca sama – sama pengertian dari setiap divisi ini.
Contents
- 1 Ticketing Officer – Sekolah Staff Penerbangan (Tri Cakra Flight Academy)
- 2 Check-in Counter – Sekolah Staff Penerbangan (Tri Cakra Flight Academy)
- 3 Services – Sekolah Staff Penerbangan (Tri Cakra Flight Academy)
- 4 Transfer Desk – Sekolah Staff Penerbangan (Tri Cakra Flight Academy)
- 5 Boarding Gate – Sekolah Staff Penerbangan (Tri Cakra Flight Academy)
- 6 Lost and Found – Sekolah Staff Penerbangan (Tri Cakra Flight Academy)
- 7 Cargo Handling – Sekolah Staff Penerbangan (Tri Cakra Flight Academy)
- 8 SEKOLAH STAFF PENERBANGAN SURABAYA – TRI CAKRA FLIGHT ACADEMY
- 9 Cara Pendaftaran Sekolah Staff Penerbangan Surabaya
Ticketing Officer
– Sekolah Staff Penerbangan (Tri Cakra Flight Academy)
Ticketing Officer yang bertugas untuk menangani penjualan tiket, menangani booking tiket, dan memastikan, menandai dan memberikan Boarding Pass bagi penumpang pesawat udara.
Check-in Counter
– Sekolah Staff Penerbangan (Tri Cakra Flight Academy)
Check-in Counter yang selanjutnya harus mengecek Validity ticket,tanggal penerbangan, rute penerbangan dan Class Serta, mencocokkan dokumen penumpang seperti Paspor, KTP, SIM, mengecek bagasi, menimbang bagasi dan menempelkan label bagasi serta memberikan klaim tag pada penumpang, menangani excees baggage, menentukan seat number penumpang serta menerbitkan Boarding Pass, menangani penumpang Go Show, dan berkomunikasi & berkoordinasi dengan unit lain.
Services
– Sekolah Staff Penerbangan (Tri Cakra Flight Academy)
Di divisi ini, staff penerbangan, harus melayani dan mendampingi para penumpang yang berkebutuhan khusus. Pendampingan ini di mulai ketika masih ada di bandara sampai masuk ke dalam pesawat. Bukan hanya untuk penumpang dengan kebutuhan khusus, staff juga wajib mendampingi anak – anak yang masih kecil dan sedang tidak bersama orang tuanya. Selain itu, staff juga mendampingi lansia yang sedang sakit, itu juga merupakan tanggung jawab bagian services.
Transfer Desk
– Sekolah Staff Penerbangan (Tri Cakra Flight Academy)
Transfer
Desk adalah salah satu bagian dari petugas bandara. Pada bagian ini, petugas
harus mendampingi dan mengurus penumpang yang akan melakukan transit di
Bandara. Penumpang yang dimaksud adalah penumpang yang sedang turun dari
pesawat dan akan melanjutkan perjalanan dengan pesawat lain. Staff juga akan
menghandle masalah bagasi penumpang yang akan meneruskan perjalanan.
Boarding Gate
– Sekolah Staff Penerbangan (Tri Cakra Flight Academy)
Boarding Gate adalah tugas dari staff penerbangan untuk memantau penumpang yang akan melakukan penerbangan. Selain itu mereka juga akan mengambil alih untuk merobek Flight Coupon, memberikan informasi mengenai boarding time, mengecek kembali kondisi penumpang, dan memastikan apakah penumpang sudah benar – benar ada dalam pesawat. Fungsinya, agar tidak ada penumpang yang ketinggalan pesawat.
Lost and Found
– Sekolah Staff Penerbangan (Tri Cakra Flight Academy)
Bagian yang tidak dilupakan juga dari Staff Penerbangan adalah lost and found. Pada bagian ini staff bertugas di terminal kedatangan, mereka melakukan pengecekan bagasi penumpang yang telah selesai melaksanakan penerbangan. Selanjutnya, setelah di periksa dan di cocokkan maka barang – barang penumpang akan dikembalikan.
Cargo Handling – Sekolah Staff Penerbangan (Tri Cakra Flight Academy)
Bagian terakhir dari staff Penerbangan adalah cargo handling. Kegiatan ini tidak akan lepas dari pekerjaan seorang Ground Staff juga. Bagian ini tentunya menangani masalah pengiriman barang, penggolongan jenis cargo, prosedur penerimaan dan pengeluaran cargo.
Nah, kalian sudah tau kan apa saja divisi dari seorang Ground Staff atau Staff Penerbangan. untuk kalian yang mempunyai mimpi sebagai bagian dari Ground Staff atau Staff Penerbangan, jangan ragu untuk bergabung dengan kami di TRI CAKRA FLIGHT ACADEMY.
SEKOLAH STAFF PENERBANGAN SURABAYA – TRI CAKRA FLIGHT ACADEMY
Sekolah staff penerbangan surabaya, TRI CAKRA FLIGHT ACADEMY Adalah Lembaga penyelenggara pendidikan dan/atau pelatihan dengan nama Lembaga Pendidikan & Pelatihan Tri Cakra (LPPTC) yang berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas dalam rangka memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dan profesional di bidang penerbangan (AVSEC – GROUND STAFF (Staff Airline) – Dangerous Goods. Lembaga Pendidikan & Pelatihan Tri Cakra bertanggung jawab mengimplementasikan prosedur dan instruksi yang tertuang dalam pedoman penyelenggaraan pendidikan & pelatihan (Training Prosedure Manual /TPM) dalam penyelenggaraan pendidikan & pelatihan keamanan penerbangan.
Cara Pendaftaran Sekolah Staff Penerbangan Surabaya
- Mengisi Formulir Pendaftaran Sekolah Staff Penerbangan secara online dengan klik
https://www.tricakra.ac.id/form-pendaftaran/ - Transfer biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000
ke No. Rekerning Resmi Kampus
BANK BRI 0086-01-001877-56-9
atas/nama TRI CAKRA - Melalukan Tes Wawancara secara Online
- Tes Seleksi Selesai, Surat kelulusan akan diinfokan oleh panitai melalui Email/Whatsapp anda.
- Apa bila dinyatakan LULUS, Calon Peserta akan melakukan Registrasi Ulang dan melengkapi kelengkapan berkas pendukung lainnya sesuai dengan arahan panitia pendaftaran.
- Konfirmasi pembayaran Pembiayaan anda kepada panitia penerimaan peserta didik baru kampus Tri Cakra Flight Academy ,CUSTOMER SERVICE ( 0813-3331-8159 )
- Siswa Masuk Pendidikan – SELESAI.
Alamat kantor Utama
Alamat Kampus
Jl. Guyangan RT.03 RW.01, Cemeng kalang, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61234, Indonesia.
Alamat Kantor Perwakilan:
SULAWESI SELATAN :
1. Pinrang : Jl. Langnga, Kel. Penrang, Kec. Watang Sawitto, Kab.Pinrang, Pinrang – Sulawesi Selatan 91211. Cs= 0853 – 4201- 8183.
2. Gowa : Jl. Permandian alam barombong, RT.03 RW.03 Kel. Barombong, Kec. Tamalate, Gowa – Sulawesi Selatan 90225. Cs = 0853-9157-7577.
JAWA TIMUR
1. Blitar : Ds. Besuki RT.03 RW.01. Kec. Udanawu, Blitar – Jawa Timur 66154. Cs= 0857-5501-8968 & 0852-5822-9227.
2. Kediri : Jl. Dsn. Puhrubuh, Kec. Semen, Kab. Kediri, Kediri – Jawa Timur 64174. Cs= 0852-3353-6862.
3. Mojokerto : Griya Japan Raya Jl. Bola Volly A.22 Sooko, Mojokerto – Jawa Timur 61361. Cs= 0812-3038-4660
JAWA TENGAH
1. Karanganyar : Klumpit Kel. Jatiwarno RT.02 RW.01 Kec. Jatipuro, Karanganyar – Jawa Tengah 57716. Cs= 0812-2919-0822, 0822-4242-3296.
2. Kulon Progo : Jl. Josutan RT.27 RW.12 Karangsari Pengasih Kulon Progo – Jawa Tengah 55652. Cs= 0821-3322-9784